Backpacker ke Eropa

Backpacker ke Eropa
Bawa uang berapa ke Eropa untuk satu bulan Win? 
Itulah pertanyaan kak Bijo kepadaku

Mungkin 15 juta doang kak dengan target 15 negara,
jawabku dengan polos

Apa????? Kamu gila? Mana cukup, kata kak Bijo

Aku aja habis 40 jt, kak Emmy aja habis 80 juta berdua, lanjutnya
Itulah sepenggal percakapanku dengan kak Bijo mengenai persiapanku sebelum keberangkatan ke Eropa untuk satu bulan lamanya. Memang perjalanan ke Eropa kali ini termasuk perjalanan paling nekat sepanjang sejarah perjalananku, karena uang yang dibawa pas-pasan terus cita-cita muluk, mau menaklukkan 15 negara.

Itupun pas di hari-H perjalanan ke Eropa ternyata uang yang dibawa malah tidak sampai 15 juta karena akhirnya aku hanya membawa uang cash 600 Euro dan uang cadangan 300 dollar Amerika dan tanpa kartu kredit sama sekali. Mau gimana pas pergi belum gajian (curcol dikit). Nekat kan?

Hanya Asuransi Perjalanan Allianz yang memberikan manfaat medis Tanpa Limit

Namun ternyata Tuhan itu sangat baik kepadaku, karena selama 1 bulan di Eropa, aku bisa survive dengan uang seadanya. Selama di Eropa aku bertemu banyak sekali orang baik yang membantuku mulai dari penginapan gratis, traktir makanan hingga ada yang traktir ke tempat wisata.

backpacker ke eropa

Terus habis berapa 1 bulan di Eropa?
Aku menghabiskan uang di Eropa selama 1 bulan sebanyak 550 Euro + 100 dollar Amerika untuk 12 negara dan sudah termasuk makan, oleh-oleh, ke tempat wisata selama di Eropa, transportasi antar negara di Eropa dan masih banyak lagi.

Seperti yang aku bilang sebelumnya tanpa ada kartu kredit, dan tabungan terbatas. Namun sebelumnya aku sudah membeli tiket pesawat dari Indonesia ke Belanda serta Visa Schengen dan Visa Inggris telah aku dapatkan.

Jadi bersihnya selama sebulan di Eropa bawa 600 euro dan 300 Dollar tadi, Alhamdulillah masih sisa 50 Euro dan 200 Dollar Amerika.

Terus kemana saja di Eropa?
Selama jalan-jalan sebulan di Eropa aku dapat mengunjungi mulai dari negara di Eropa Barat, ke Inggris sampai ke Eropa Timur bahkan daerah Balkan pun dapat aku kunjungi.
Untuk Kota yang aku kunjungi selama 32 hari di Eropa secara berurut dimulai dari Amsterdam, Brussel, Revin, Paris, London, Edinburgh, Bremen, Prague alias Praha, Vienna, Budapest, Phristina, Venice, Pisa, Rome dan Vatican. Terus selama perjalanan antar negara aku sempat melewati Hamburg, Belgrade, Slovakia, Slovenia, Croatia, dan Casanova.

Bagi yang punya rencana ke luar negeri 3 kali atau lebih dalam setahun, Anda sebaiknya pilih Asuransi Perjalanan Tahunan Allianz.

Terus apa rahasia jalan murah ke Eropa?
Mungkin banyak yang bertanya-tanya kok bisa sih murah gitu ke Eropa 1 bulan kena kurang lebih Rp10 juta saja?

(Iya bisa soalnya itu diluar tiket dari Indonesia dan Visa, tok biaya hidup selama di Eropa untuk 1 bulan, terus berpikir keras bagaimana caranya harus uang segitu pas mulai dari makan, penginapan sampai transportasi).

Untuk lebih lengkapnya bisa langsung kunjungi https://winnymarlina.com Dan ingat beli asuransi perjalanan sebelum berangkat ber-backpacker ke Eropa.

Komentar