Persiapan Perjalanan Backpackers

Persiapan Perjalanan Backpackers

Persiapan Perjalanan Backpackers - Backpacker bisa diartikan orang yang selalu memakai tas punggung/ransel (backpack), atau lebih tepatnya, backpacker adalah orang-orang yang menikmati liburan, jalan-jalan dan traveling dengan menggunakan tas punggung, dengan biaya yang rendah dan mau susah demi pengalaman liburan yang berbeda. 

Nah, kalau sudah punya rencana liburan ke luar negeri dan mau tahu mau backpackeran kemana, hal selanjutnya yang wajib dilakukan backpacker adalah mempersiapkan hal-hal berikut.

1. Bawa uang tunai secukupnya serta kartu ATM/kartu kredit

Tidak perlu membawa uang tunai secara berlebihan, apalagi jika perjalanan ala backpacker kamu sudah dilengkapi dengan daftar perjalanan (itinenary). Sebaiknya kamu membawa dana senilai kebutuhan kamu saat kedatangan di kota tujuan, karena umumnya di luar negeri pembayaran memakai kartu kredit.

Kartu ATM sendiri memiliki fungsi untuk mendapatkan uang dengan nilai tukar yang lebih stabil di negara tujuan. Kamu pun perlu menginformasikan kepada bank tempat kamu membuka rekening, agar jika terjadi transaksi kartu kredit di luar negeri, bank tidak curiga dan memblokirnya. Persiapkan dana cadangan di tempat terpisah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyalahgunaan kartu kredit Anda yang hilang selama dalam perjalanan merupakan salah satu manfaat yang dicover asuransi perjalanan.

2. Bawa dokumen cadangan paspor dan kartu bank

Travelling ke negara orang harus tetap waspada. Apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti kehilangan paspor atau dokumen penting lainnya, kamu harus sudah mempersiapkan copy atau hasil scan dokumen-dokumen tersebut dari negara asal.

Dengan begitu, kamu bisa mempercepat proses pelaporan dokumen yang hilang serta menggantinya dengan dokumen baru. Dokumen-dokumen yang harus dibawa yaitu Passport, Visa, NPWP, KTP. Bawa saja salinan atau fotokopi semua dokumen ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.


Asuransi Perjalanan Allianz - Asuransi untuk Visa Schengen


3. Segera reservasi hotel di negara tujuan liburan

Berlibur dengan gaya backpacker memang memberikan kebebasan pada traveller untuk mengatur rencana perjalanannya sendiri, termasuk memilih tempat akomodasi. Namun, bukan berarti melupakan kenyamanan perjalanan di negara tujuan saat kedatangan.

Sebaiknya, kamu sudah membuat reservasi hotel untuk beberapa hari pertama di negara tujuan, sehingga kamu tidak perlu lagi dipusingkan soal akomodasi. Untuk menghemat akomodasi, Anda dapat membeli voucher hotel di situs-situs direktori hotel yang sering memberikan penawaran menarik.
 \
Dengan voucher maupun promo yang sedang digelar, Anda bisa menghemat hingga 70% dibanding check-in langsung di hotel. Situs-situs seperti ini biasanya menjual voucher untuk hotel di Bali, hotel di Lombok sampai mancanegara. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan akomodasi yang lebih nyaman dengan budget minimal.

Asuransi perjalanan dengan manfaat medis tanpa limit bisa Anda dapatkan dari Asuransi Perjalanan Allianz.

4. Siapkan visa sebagai ijin masuk ke suatu negara

Kamu memang tidak membutuhkan visa kalau hanya berkunjung ke Singapura, Malaysia atau Thailand. Tapi beberapa negara di Asia mewajibkan adanya visa dari traveler Indonesia. Cari tahu, apakah negara yang kamu tuju mewajibkan kamu memiliki visa resmi dari kedutaan (yang harus di urus di kantor kedutaan negara bersangkutan) atau memakai visa on arrival (yang bisa di urus di bandara, di negara yang anda kunjungi).

Jangan sampai rencana liburan kamu berantakan karena kamu lupa mengurus visa dan tidak diizinkan naik pesawat. Kalaupun kamu diperbolehkan naik pesawat, kamu pasti tidak akan lolos di imigrasi negara tujuan kamu dan harus mencari tiket pesawat untuk pulang.

5. Beli asuransi perjalanan

Saat liburan ke luar negeri, sebaiknya kamu membeli asuransi perjalanan, karena tidak semua asuransi pribadi bisa digunakan di luar negeri lho! Dengan menggunakan asuransi perjalanan, setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berobat jika kamu tiba-tiba terserang penyakit atau mengalami kecelakaan saat berada di sana.

6. Bergabung dengan komunitas backpacker

Komunitas ini sudah banyak menunjukkan eksistensinya. Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa mendapatkan banyak cerita dan pengalaman dari para backpacker senior, termasuk rekomendasi tempat, hotel murah dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Beberapa komunitas backpacker seperti Coachsurfing atau Backpacker Dunia sangat terbuka bagi traveller yang ingin bergabung dengan komunitas ini dan mengetahui tips dan trik liburan ke luar negeri dengan gaya backpacker.


Asuransi Perjalanan Allianz Melindungi Anda Selama dalam Perjalanan


7. Ketahui kondisi tempat tujuan

Setelah memilih negara dan kota tujuan backpacking, penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi alam dan lingkungan tempat tujuan kamu. Apakah di sana sedang musim panas, musim dingin atau sedang sering turun hujan. Anda bisa mempersiapkan pakaian atau kebutuhan lain secara tepat. Cari juga info mengenai keamanan, jalur transportasi, lokasi-lokasi wisata, tempat menginap, event, dan akomodasi selama disana.

Jangan ragu untuk mencari tahu segala informasi melalui internet, buku, majalah, atau cerita perjalanan orang yang sudah kesana. Hemat akomodasi, Anda dapat membeli voucher hotel dan promo dengan penawaran menarik, salah satunya adalah di Ticktab.com seperti promo di hotel di Bali, hingga mancanegara.

8. Jangan membawa barang yang tidak diperlukan

Pastikan jumlah pakaian yang akan dibawa, barang elektronik yang tidak perlu, seperti laptop, HP atau tas lebih dari satu. Cukup membawa mp3 atau ipod , kamera saku, dan tas kecil sebagai tempat dokumen. Jangan menambah beban perjalanan Anda. Usahakan juga di tempat tujuan tidak membeli cinderamata berlebihan yang menambah beban tas punggung kamu.

Jangan lupa beli asuransi perjalanan sebelum keberangkatan Anda dari Indonesia.


Sumber

Komentar