Backpackeran Bersama Keluarga

Backpackeran Bersama Keluarga - Perjalanan kami ke Malaysia mulai 5 sampai 8 Februari 2019 kali ini terkesan mendadak. Kami merencanakannya selama 18 hari. Itu semua karena kami tertantang untuk berpiknik keluarga backpacker dan biayanya harus di bawah  IDR 2,550 juta per person dengan 13 tujuan.  Bisa kah?

Backpackeran Bersama Keluarga
Asuransi Perjalanan Allianz

Sekitar awal Januari 2019, saya menerima pesan WA dari seorang teman agen wisata. Pesannya wisata Malaysia, 13 tujuan, tiga hari dua malam. Biaya  IDR 2, 4 juta per pax/person. Biaya tersebut tidak termasuk lunch and dinner, keperluan pribadi, bagasi tambahan, tips guide 150 ribu per orang harus lunas sebelum keberangkatan, dan tourist tax 10 Ringgit Malaysia (RM). Jadi bila termasuk ongkos guide totalnya IDR 2,550.000 per pax.

Dari pesan WA tersebut, saya, istri dan dua anak saya tertantang untuk berpiknik backpacker ke Malaysia, tanpa melalui travel agent.  Saya juga sebelumnya pernah ke Malaysia. Dan tidak ada keraguan melakukannya.


Asuransi Perjalanan Keluarga - Premi Mulai dari IDR 121.000 untuk Sekeluarga


Piknik tersebut juga bertujuan agar dua anak saya harus tahu luar negeri ketika usia muda. Kebetulan juga istri dan dua anak saya itu pemegang paspor baru. Mereka baru memperolehnya akhir Januari ini. Nganyari paspor.

Saya pribadi tahu luar negeri ketika semester 3 di FS Inggris Unitomo. Karena saya kebetulan terpilih di Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) 1993-94. Program ini disponsori Australia Indonesia Institute (AII) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sampai saat ini, program pertukaran pemuda tersebut masih ada.

Bagaimana perencanaan piknik? Pertama, anak saya yang sulung Valiant, mencari tiket murah pesawat di traveloka. Setelah searching, dia memperolehnya. Ternyata beruntung, pada Februari 2019, Citilink ada promo tiket murah ke Malaysia.

Bagaimana untuk mengetahuinya? Klik saja traveloka dan pilih Surabaya tujuan Kuala Lumpur. Saat di klik akan muncul kalender yang berisi  harga promosi tiket penerbangan berwarna hijau. Bila tidak muncul harga, berarti tiket normal price.

Semula tiket yang promo tanggal 1 dan 4 Februari. Harganya IDR 210 ribu per person. Tapi karena kami tidak cepat untuk membelinya, harga itu naik ke IDR 700 ribu. Yang tinggal promo hanya di tanggal 5 dan 8 Februari.  Kami segera klik membelinya. Kami ke malaysia selama empat hari, tiga malam. Lebih lama sehari dari paket wisata teman.


Asuransi Perjalanan Online - Beli Online Lebih Mudah dan Cepat


Kami klik membeli dengan memilih kursi dan  tambah air minum. Harga tiket menjadi IDR 310 ribu per person untuk berangkat. Kami segera membeli tiket PP.

Pada malam itu juga kami booking kamar hotel di web yang sama dengan harga IDR 244 ribu per room per day. Kami pilih hotel di kawasan Bukit Bintang. Karena tempat tersebut kawasan shoping dan kuliner di Malaysia.

Saya booking dua kamar untuk empat hari di Hotel Sentral Pudu, Bukit Bintang yang berbintang tiga. Itu karena  standar hotel paket wisata teman bintang tiga include breakfast. Tapi hotel kami tanpa breakfast. Tidak masalah.

Jadi total biaya hotel dan tiket PP, untuk 4 orang, IDR  4,5 juta. Kami membayarnya memakai mandiri mobile banking dan beres.

Seminggu jelang keberangkatan, kami membeli mata uang RM sebagai uang saku. Kami memutuskan membeli 2000 RM. Harga 1 RM saat itu di BRI Sidoarjo, IDR 3.600 (Bila ingin murah di Jl. Panggung) dan totalnya IDR 7,2 juta. Jadi biaya tiket, hotel dan uang saku, 11,7 juta. Atau setara IDR 2,9 juta per paket. Lho kok lebih mahal dengan paket wisata teman?  Kita lihat saja nanti.


Lanjutkan kisah backpackeran bersama keluarga Pak Mochamad Makruf : https://www.kompasiana.com/makrup/5c6a216e677ffb2a84502907/piknik-backpacker-keluarga-hemat-malaysia-1?page=all

Komentar